Jum’at, 1 Februari 2019 yang lalu telah  diadakan rapat koordinasi persiapan penyerahan Keputusan Menteri      ESDM RI Tentang Penetapan KCAG DIY dan Peresmian Pusat Informasi Geologi (PIG) Gunungsewu. Kemudian pada hari Rabu , tanggal 6  Februari 2019 diadakan rapat kembali untuk meninjaklanjuti rapat yang pertama. Rapat dibuka oleh Kepala Dinas Pariwisata Ir. Asti Wijayanti, MA beserta Sekertaris Dinas Hary Sukmono, ST di ruang rapat exotic kantor Dispar Gunungkidul. Rencana Kunjungan akan dilaksanakan pada hari Selasa, 12 Februari 2019 pukul 15.00 WIB.

Koordinasi ini terkait kunjungan Menteri dan Gubernur yang tentunya diperlukan persiapan dan dukungan dari berbagai pihak. Mengingat dalam kegiatan tersebut nantinya tidak hanya penyerahan Surat Keputusan  menteri saja tetapi juga penyerahan Pusat Informasi Geologi Gunungsewu yang dibangun menggunakan APBN kepada Bupati Gunungkidul. Pusat Informasi Geologi ( PIG) berada di dua lokasi yaitu di  TIC Patuk dan Etalase Taman Batu Mulo. Dalam acara kunjungan tersebut  juga akan dilaksanakan  penandatanganan prasasti oleh menteri ESDM dan Gubernur dalam rangka peresmian Apiteater di Embung Nganggeran dan juga di Kawasan Ngingrong, Mulo, Wonosari. Dua tempat tersebut dibangun fasilitas dengan menggunakan dana dari  Dinas Pariwisata DIY.

Kunjungan menteri ini adalah dalam rangka penyerahan SK KCAG (Kawasan Cagar Alam Geologi), SK sudah ditandangani Menteri ESDM tanggal 5 Desember 2018 dan akan diserahkan kepada Gubernur DIY, alasan dipusatkan di Gunungkidul dikarenakan konsep CAG yang merupakan contoh real dan konrit itu ada di kawasan Nglanggeran, Patuk, Gunungkidul sehingga pelaksanaan ceremonial di pusatkan di Nglanggeran.Mengingat waktu kunjungan yang sangat singkat diperlukan koordinasi yang leih intensif dan itu diharapkan dari berbagi pihak terkait untuk mendukung pelaksanaan tersebut berjalan dengan lancar.

 



07-02-2019 Dibaca 530 Kali