Willows in morning fog
Goa Thotho

Kesadaran masyarakat atas potensi wisata di wilayah tinggal mereka semakin meningkat, seiring dengan semakin  meningkatnya taraf hidup masyarakat terutama yang bergerak di sektor pariwisata, memberikan kesadaran kepada masyarakat untuk mengembangkan potensi yang ada diwilayahnya. Usaha untuk mengembangkan potensi wisata yang mereka miliki menjadi  daya tarik wisata yang layak untuk dikunjungi terus dilakukan. Seperti yang dilakukan oleh masyarakat Dusun Jragrum, Desa Ngeposari, Kecamatan Semanu, diwilayah ini terdapat banyak potensi wisata yang layak untuk dikembangkan. Potensi wisata yang dimiliki meliputi bumi perkemahan, gardu pandang, telaga sangupati dan  goa Thotho.

Saat ini masyarakat berusaha mengembangkan kawasan wisata dan mahasiswa UMY yang sedang melakukan kegiatan KKN di wilayahnya. Didampingi petugas dari Dinas Pariwisata Gunungkidul melakukan survey potensi wisata yang ada. Kamis (24/1/2019) Dinas Pariwisata yang diwakili oleh Kasi Promosi Purnomo Sumardamto, S.Hut, MA, M. Eng dan Kasi Kelembagaan Sudjarwono, SH berkesempatan datang langsung dan meninjau potensi wisata yang wilayah tersebut miliki. Acara diawali dengan dialog bersama msyarakat, KKN UMY dan selaku narasumber dari Dinas Pariwisata. Setelah acara dialog , kunjungan dilakukan ke potensi – potensi wisata yang mereka miliki.

Diharapkan dengan semangat dan kekompakan yang besar dari masyarakat dan didukung oleh berbagai pihak , keinginan untuk mewujudkan dusun Jragum menjadi destinasi wisata yang handal dapat diwujudkan.



25-01-2019 Dibaca 966 Kali