Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul menyelenggarakan Pembinaan dan Peningkatan SDM untuk Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) dan Pengelola Desa Wisata. Pembinaan dilaksanakan selama 2 (dua) hari yaitu Hari Senin dan Selasa, 11-12 Maret 2019 di Rumah Makan Sego Abang, Wonosari, Gunungkidul.

            Pembinaan dimaksudkan agar anggota Kelompok Sadar Wisata dan Pengelola Desa Wisata mampu memahami ketugasan masing-masing dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada wisatawan. Seperti diketahui bahwa dalam pengembangan pariwisata di Kabupaten Gunungkidul, masyarakat dilibatkan melalui peran dan profesi dalam turut serta melayani wisatawan dan menciptakan keamanan, kenyamanan, dan kepuasan wisatawan.

            Dalam pembinaan tersebut, menghadirkan narasumber berlatar belakang akademisi yaitu Yitno Purwoko,SE dari STIE API Yogyakarta dan beberapa praktisi antara lain ketua Forum Komunikasi Desa Wisata DIY:Tri Harjono, Ketua Forum Komunikasi POKDARWIS Gunungkidul:Awanto Subaryono dan perintis Desa Wisata Nglanggeran : Sugeg Handoko. Peserta yang berasal dari 20 pengurus POKDARWIS dan 20 pengurus Desa Wisata sangat antusias dalam mengikuti pembinaan yang sekaligus menjadi sarana untuk menjalin komunikasi, membentuk jaringan antar POKDARWIS dan Desa Wisata Gunungkidul.

            Untuk lebih memahami dan mengetahui keberhasilan pengembangan Desa Wisata, pada Hari Rabu-Jum’at 13-15 Maret 2019 peserta diajak studi luru dan tiru ke Desa Wisata Cibuntu, Kabupaten Kuningan, Provinsi Jawa Barat sebagai salah satu Desa Wisata terbaik Asia Tenggara. Kunjungan dimaksudkan agar cerita sukses “Success Story” Cibuntu bisa diadopsi dan dikembangkan di Desa Wisata di Gunungkidul.



13-03-2019 Dibaca 45 Kali