Sesuai dengan Undang – Undang Nomor 25 Tahun 2004 penyelenggaraan, tahapan, dan tata cara penyusunan rencana pembangunan daerah dilakukan dengan pendekatan politik, tektonkratik, partisipatif, atas – bawah (top down) dan bawah – atas ( bottom up ).

Sebagai wujud penerapan pendekatan parsitipatif dalam penyusunan Rencana kerja Pemerintah Daerah ( RKPD ) sesuai dengan SE Bupati Gunungkidul Nomor 050/5953 tanggal 20 Desember 2018 tentang Tata Cara Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah ( RKPD ) dan Pedoman Perencanaan Pembangunan Tahun 2020 maka Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul  menyelenggarakan Forum Gabungan Perangkat Daerah Urusan Kebudayaan dan Urusan Kepariwisataan pada Selasa, 26 Februari 2019 bertempat di ruang rapat Geopark Gunung Sewu Dispar Gunungkidul. Forum Gabungan Perangkat Daerah   membahas usulan program kegiatan prioritas yang telah disepakati dalam forum Musrenbang Kecamatan yang diarahkan pada semua PD di tingkat Kabupaten. Usulan – usulan prioritas tersebut selanjutnya dibahas dan disinergikan dengan perncanaan teknokratis dan politis guna penyempurnaan rancangan Renja PD.

Sidang dipimpin oleh Sekertaris Dinas Pariwisata (A. Hary Sukmono, ST) dengan pemateri Urusan Kebudayaan oleh Kepala Dinas Kebudayaan ( Drs. Agus Kamtono, M.Si) dan Pemateri Urusan Kepariwisataan oleh Kepala Dinas Pariwisata ( Ir. Asti Wijayanti, MA ) dengan pembahas dari Bidang Ekonomi Bappeda ( Emy Nur’aini, SE, M. Buss ), Bidang Sosial Budaya serta dari Bagian Organisasi Setda Gunungkidul. Peserta terdiri birokrasi / OPD (17 Badan / Dinas, 4 Bagian Setda, 18 Kecamatan ) dan mitra Urusan kebudayaan dan Urusan Kepariwisataan : Dewan Kebudayaan, BPPD, HPI, PHRI, BPW, Pepadi, Forkom Desa Wisata/Pokdarwis, Desa Budaya / Rintisan Desa Budaya.

Pemaparan materi disampaikan oleh Kepala Dinas Pariwisata dengan materi Rencana Pembangunan Kepariwisataan tahun 2020 dilanjutkan penyampaian materi oleh Kepala Dinas Kebudayaan dengan isi materi Forum Gabungan Perangkat Daerah Urusan kebudayaan. Setelah disampaikan materi, peserta forum gabungan mengajukan tanggapan dan saran tentang materi yang disampaikan. Sehingga pada pertemuan Forum Gabungan Pemerintah Daerah Urusan Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Gunungkidul Tahun 2019 diantaranya  menyepakati program dan kegiatan prioritas, dan indikator kinerja yang disertai target dan kebutuhan pendanaan, yang telah diselaraskan dengan usulan kegiatan prioritas dari forum gabungan PD bidang Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Gunungkidul. Acara ditutup pada pukul 13.30 WIB dengan kesepakatan yang telah dituangkan dalam Berita Acara.

 



27-02-2019 Dibaca 108 Kali