Willows in morning fog
Kunjungan ke taman batu Mulo

Keberadaan Gunung Sewu Unesco Global Geopark baik dari sisi pengelolaan maupun dari keberadaan geosite-geosite yang merupakan ‘given’ dari alam yang berpotensi untuk dikembangkan menjadi daya tarik wisata khususnya eco tourism. Selama 2 hari kunjungan ke Gunungkidul Guy Martini menyampaikan beberapa rekomendasi yang secara garis besar mengenai  pengelolaan Geopark . Rekomendasi yang beliau sampaikan pada kesempatan kali ini, diantaranya sebagai berikut :

  1. Visibility, Geopark Gunung Sewu yang merupakan Unesco Global Geopark harus menonjolkan identitas Gunung Sewu sebagai Unesco Global Geopark (UGG) sehingga logo UGG Gunung Sewu harus ada dan dapat dilihat secara mencolok pada setiap geosite yang menjadi bagian dari Gunung Sewu UGG.  
  2. Disetiap geosite harus menampilkan peta existing teritori yang menyeluruh sebagai satu kesatuan Geopark (dengan mengabaikan batas wilayah administrative) sebagaimana yang disetujui oleh Unesco.
  3. Papan informasi dibuat dengan desain yang sama dengan logo Gunung Sewu UGG yang besar dan menjadi point of view.
  4. Selain papan informasi juga harus ada produk-produk yang dihasilkan oleh mitra geopark yang berada di geosite setempat.
  5. Informasi harus dibuat jelas, informative, dan mampu memberi gambaran kepada pengunjung tentang keberadaan geopark secara menyeluruh dan geosite yang dikunjungi tersebut.
  6. Tidak diperkenankan menambahkan alat-alat  yang berpotensi menimbulkan kerusakan pada geosite seperti lampu, tangga dll.
  7. Penjelasan tentang geosite oleh guide agar dilaksanakan sebelum perjalanan menikmati geosite dimulai agar tidak menganggu pengunjung yang ingin menikmati geosite tersebut tanpa gangguan suara dari guide.
  8. Setiap pokdarwis atau kelompok community empowerment yang berada disetiap geosite harus menggunakan seragam yang sama baik warna maupun desain dengan logo Gunung Sewu UGG.
  9. Konsep Geopark harus dipikirkan kembali, bukan hanya terbatas pada aspek geologi semata tapi juga dihubungkan dengan community empowerment, produk lokal, legenda, partnership/kemitraan, flora dan fauna setempat dengan mengedepankan kelestarian alam pada Geopark itu sendiri.
  10. Geopark Corner : agar tidak hanya menampilkan batu-batuan/geological aspect tapi juga menampilkan produk-produk lokal yang dihasilkan oleh mitra geopark.

Rekomendasi yang disampaikan ini kedepan akan menjadi bahan acuan evaluasi untuk pengelolaan Gunung Sewu Global Geopark lebih baik lagi. 

 



27-12-2018 Dibaca 38 Kali