Event tahunan dan sudah ditunggu – tunggu oleh runners (pelari) kembali dihelat. Pada tanggal 8 September 2018, Dinas Pariwisata bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga mengadakan event Lomba Lari Baron 10k. Tempat dengan panorama indah di area Pantai Baron, Tanjungsari, Gunungkidul  menjadi ajang perhelatan akbar untuk para pelari menunjukan prestasinya. Peserta datang tidak hanya dari lokal Gunungkidul saja tetapi banyak yang rela datang jauh – jauh dari luar daerah untuk mengikuti acara yang sudah diagendakan setiap tahun ini. Lomba dibagi menjadi beberapa kategori, mulai dari tingkat SD, SMP, SMA, Umum Lokal dan Nasional. Diadakannya event ini bertujuan untuk usaha promosi wisata kabupaten Gunungkidul dan pencarian atlet lari usia dini di wilayah Gunungkidul.

Datangnya para pelari dari luar daerah diharapkan akan  memperkenalkan dan menimbulkan minat mereka untuk berwisata di obyek – obyek wisata indah di Gunungkidul. Saat mereka tinggal untuk mengikuti event ini akan berpengaruh terhadap belanja wisata, karena kegiatan ini dilaksanakan di area obyek wisata. Mereka akan sewa hotel dan menikmati sajian kuliner lokal yang disajikan oleh pedagang di area Pantai Baron. Sehingga diharapkan nantiya mereka akan datang kembali dengan mengajak keluarga kerabat ataupun sahabat untuk berwisata di Gunungkidul.

Lomba lari Baron 10k dibuka langsung oleh Bupati Gunungkidul Ibu Hj. Badingah, S.Sos. Kegiatan ini sebagai salah satu usaha mendukung visi Bupati Gunungkidul yaitu "Mewujudkan Gunungkidul sebagai daerah tujuan wisata yang terkemuka dan berbudaya menuju masyarakat yang berdaya saing, maju, mandiri, dan sejahtera tahun 2021". Para pemenang diberikan hadiah dengan total ratusan juta rupiah, sertifikat, serta tropi. Setelah lelah menempuh rute lari 10k untuk kategori umum dan nasional serta rute 5k untuk kategori SD, para peserta dihibur dengan penampilan Band Dexter dan Kesenian tradisional Jathilan. Kesenian tradisional di pentaskan agar peserta dari luar daerah lebih mengenal kesenan daerah di Gunungkidul.



10-09-2018 Dibaca 76 Kali