Gunung Api Purba Nglanggeran menjadi saksi kegigihan petugas yang akan membentangkan Sang Merah putih di Puncak Buchu. Medan yang sulit tidak menyurutkan langkah kaki mereka sampai di puncak dan membuat sang merah putih membentang gagah. Persiapan pengibaran Bendera raksasa dengan ukuran  42 x 28 m sudah dilakukan jauh hari sebelum tanggal pelaksanaan. Koordinasi antara Pokdarwis Desa Nglanggeran, Dinas Pariwisata, dan beberapa elemen terkait dilakukan demi kelancaran acara. Penjahitan dilakukan selama 2 minggu dengan memastikan bahan untuk bendera kuat dan tidak robek ketika dibentangkan.

Pengangkatan Bendera raksasa  dengan berat +/- 200 kg dilakukan pada tanggal 9 Agustus 2018 , dipanggul bersama 73 Putra Putri Indonesia kerjasama antara Dinas Pariwisata, TNI, POLRI, Dimas Diajeng GK, Pokdarwis Nglanggeran beserta elemen masyarakat. Untuk mencapai Puncak Buchu diperlukan kerja keras, karena Puncak ini belum pernah di daki sebelumnya. Petugas pendaki yang akan membentangkan bendera harus membuka jalur baru.

Tanggal 13 Agustus 2018 merupakan momen puncak acara dimana Bendera Raksasa dibentangkan. Tim Gorila Adventure menjadi Pendaki Puncak Buchu yang bertugas membentangkan bendera raksasa. Diperlukan waktu +/-45 menit dalam proses pembetangan. Tamu undangan yang menyaksikan acara dibuat terpana dengan begitu gagahnya Merah Putih tebentang di Puncak Gunung Api purba Nglanggeran. Pentas Seni Tradisional Disuguhkan untuk memeriahkan acara dan menghibur tamu undangan. Masyarakat setempat juga antusias untuk mnyaksikan gelaran acara Pembentangan Bendera Raksasa.



20-08-2018 Dibaca 94 Kali