Kegiatan studi banding sejumlah pengelola desa wisata di Kabupaten Gunungkidul yang berlangsung dari tanggal 13-14 Mei 2018 lalu ke Desa Wisata Dieng Kulon, Kec.Batur, Banjarnegara berjalan lancar.

Hari pertama rombongan tiba di komplek wisata candi Dieng dan disambut oleh Ketua Pokdarwis Dieng Pandawa Alif Faozi. Dalam sambutannya beliau sempat mengungkapkan kisah suka duka awal mula membentuk Pokdarwis dan juga memberikan kiat-kiat apa yang dilakukan Pokdarwis Dieng Pandawa hingga akhirnya Desa Wisata Dieng Kulon meraih prestasi sebagai juara umum pada ajang festival Desa Wisata tingkat Jawa Tengah pada tahun 2014.

Hari kedua peserta di awali dengan perjalanan mendaki di pagi buta ke kawasan bukit sikunir yang terletak di Desa Sembungan untuk menikmati keindahan wisata view sunrise yang terindah se-Asia Tenggara yang dikenal dengan Golden Sunrise Sikunir yang fenomenal. Setelah jamuan makan pagi peserta berkunjung ke tempat wisata Candi Arjuna, Kawah si Kidang dan Telaga Warna dan kemudian melanjutkan perjalanan pulang ke Kab.Gunungkidul.

Dalam kunjungan selama 2 hari itu banyak ilmu yang bermanfaat didapatkan peserta pembinaan terkait pengelolaan desa wisata.



20-05-2018 Dibaca 332 Kali